Welcome to My Blog

Mari kita berbagi bercerita, bermimpi tanpa batas dan berusaha mewujudkannya, menjadikannya nyata dan benar-benar nyata

------------

------------

------------

------------

Healthy Lifesytle

Sunday, March 30, 2014

Memahami Apa Itu Hidup Sehat
(Hidup Sehat itu...Sederhana)

     Hidup sehat, dua kata tapi berjuta makna bahkan berjuta cara. Tapi sebenarnya apa sih hidup sehat itu? Tubuh atletis? atau mungkin diet? Pola hidup sehat adalah gaya hidup yang memperhatikan segala aspek kondisi kesehatan. Mulai dari aspek makanan, minuman, nutrisi yang dikonsumsi dan perilaku kita sehari-hari. Nah, point pentingnya adalah "segala aspek" karena semua berkaitan dan tidak bisa berdiri sendiri. Pastinya semua setuju dengan pendapat ini.
    Olahraga teratur, cukup mengkonsumsi makanan bernutrisi seimbang dan istirahat teratur. Tiga point yang saat ini menjadi momok ketika kita membicarakan hidup sehat. Namun kemudian pertanyaannya adalah apakah hanya pada itu saja? Saya pribadi pastinya akan menjawab "TIDAK", tidak hanya itu saja karena pada hakikatnya dari tiga hal tersebut yang kita capai adalah "bagaimana kita memperoleh dan atau menjaga tubuh (atletis) proporsional saja". Sedangkan yang dikatakan hidup sehat tidak hanya dilihat dari tampilan luar atau fisik semata. Pastinya sepakat lagi dong dengan pendapat ini.
      Kalau mau menyederhanakan bagaimana hidup sehat itu dilakukan, berdasarkan empiris atau pengalaman pribadi :
1. Olahraga teratur
2. Cukup mengkonsumsi makanan bernutrisi seimbang
3. Istirahat cukup
4. Cukup minum air putih
5. Menghindari stress
6. Tidak merokok
7. Tidak minum alkohol
8. Melakukan aktivitas sex sehat
         Dari delapan point tersebut maka kita disebut menjalani polah hidup sehat secara utuh. Kenapa dikatakan utuh? Karena secara sadar kita membuat benteng atau filter dalam menjalani hidup sehat pada diri sendiri meliputi jasmani dan rohani, bahkan paham menempatkan diri dalam sosial pergaulan. 
     Orang terkadang salah kaprah memahami hidup sehat karena yang dilihat hanya tampilan fisik, indikasinya memiliki tubuh atletis proporsional. Tubuh atletis proporsional dapat kita peroleh dengan banyak cara dan memang salah satunya adalah dengan menjalani HIDUP SEHAT tapi juga dibutuhkan kesabaran ekstra, konsistensi dan komitmen yang kuat. Tapi untuk orang yang tidak sabar, "obat dewa" alias steroid yang jadi pilihan instant. Siapa sih yang tidak tahu bahaya steroid (segala jenisnya)? Dapat menyebabkan kemandulan, gagal ginjal, bahkan mengancam pada kematian. Tapi karena kurangnya kesabaran itu tadi, gelap mata, menginginkan tubuh atletis atau hanya tubuh proporsional dengan jangka waktu relatif singkat memilih bunuh diri secara perlahan. Tampilan luar "ok", tapi dalamnya aslinya bobrok, rusak sana-sini. Tentu kondisi seperti ini tidak bisa kita katakan atau pahami sebagai pola hidup sehat.

0 comments:

Post a Comment

About

My photo
Founder of L-Men Community Yogyakarta, Health Education Division LMenJogja, International active member of American Association of Petroleum Geologist, Junior Geologist, Semifinalist LOTY 2014, Duta Bahasa Nasional 2013, Amateur Graphic Designer, Poet, Violinist and Pianist, Professional Male Model
 

Translate