Welcome to My Blog

Mari kita berbagi bercerita, bermimpi tanpa batas dan berusaha mewujudkannya, menjadikannya nyata dan benar-benar nyata

------------

------------

------------

------------

Duta Bahasa Nasional 2013

Wednesday, March 26, 2014



Duta Bahasa Nasional 2013
Oleh : Rico Ryano, S.T.
Bulan Bahasa, Jakarta, 26-31 Oktober 2013

Duta bahasa yaitu pemuda-pemudi Indonesia yang cinta dan sadar akan nilai pentingnya Bahasa Indonesia sebagai identitas bangsa. Mereka memiliki peran yang penting dan telah menjadi kewajiban maupun haknya untuk terus berperan aktif ikut serta menjaga eksistensi Bahasa Indonesia agar tetap hidup dan merangkul keberagaman Bangsa Indonesia. Sebagai pemuda-pemudi Indonesia sudah pasti diharapkan ide-ide kreatif dan segar yang kemudian dapat diaplikasikan langsung dalam pengabdiannya kepada bangsa dan Negara Indonesia, berperan sebagai penggerak, dimulai dari lingkungan terdekat seperti keluarga kemudian berlanjut pada lingkungan yang lebih luas yaitu masyarakat Indonesia secara umum.
Membangun bersama seluruh duta bahasa pada setiap provinsi yang telah tergabung dalam komunitas sebagai aksi nyata yang dapat kami lakukan terlebih untuk memperkenalkan kembali penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai kaidah-kaidahnya dan juga memperkenalkan budaya asli masing-masing daerah dengan gaya dan pengemasan yang identik namun tetap menjaga semangat nasionalisme. Setiap hari kami berharap akan terus setia mengisi pengetahuan para generasi muda yang telah candu terhadap penggunaan media sosial dengan nilai-nilai kebangsaan melalui kecintaan kami terhadap Bahasa Indonesia. Bahasa memang menjadi bagian dari kebudayaan yang terus berkembang dari waktu ke waktu. Dalam perkembangannya bahasa itu dapat menguat, melemah maupun musnah dan menjadi tugas kita bersama sebagai bangsa Indonesia untuk terus menguatkan bahasa Indonesia apabila tidak ingin kehilangan jati dirinya sebagai bangsa Indonesia.
Diadakannya pemilihan duta bahasa tingkat nasional, menjadi sarana untuk pemuda-pemudi yang memang peduli akan keberadaan bahasa Indonesia bergabung dalam komunitas yang selanjutnya diharapkan pada setiap pribadi dapat kemudian berbagi dan mengajak kepada masyarakat secara umum dan tidak hanya untuk kalangan terbatas. Ilmu pengetahuan dan pembinaan jiwa nasionalisme memang perlu dilakukan sehingga dapat mengingatkan kembali, menggugah kobaran semangat nasionalisme pemuda-pemudi Indonesia yang harus berjuang dalam peliknya berjuang di era globalisasi ini. Pemilihan duta bahasa pada tiap provinsi yang kemudian menjadi delegasi yang dikirimkan ke Jakarta untuk melewati proses pemilihan Duta Bahasa Nasional memiliki misi yang sama yaitu ingin terus menjaga keberadaan Bahasa Indonesia, bahasa pemersatu keberagaman Bangsa Indonesia.
            Selain itu, dengan diadakannya pemilihan Duta Bahasa Nasional dapat kami gunakan untuk benar-benar saling mengenal budaya pada masing-masing daerah dan mengenal karakter pribadi masing-masing. Pada dasarnya pada setiap acara pemilihan seperti ini juga sarat akan suasana persaingan namun jauh yang lebih penting adalah semangat kebersamaan, semangat kekeluargaan, karena kami semua yang hadir dalam pemilihan Duta Bahasa Nasional memiliki satu tujuan yang sama. Seperti halnya pemuda-pemudi terdahulu yang datang bersama dari berbagai daerah di seluruh bagian Indonesia, memiliki latar berlakang beranekaragam, memiliki kebudayaan adat istiadat masing-masing yang khas, namun ketika mereka bersatu duduk dalam satu forum yang sama mereka berusaha untuk dapat merumuskan hal yang baru, memunculkan ide-ide kreatif yang spektakuler bukan hanya untuk yang hadir dalam forum tersebut namun untuk kemajuan bangsa kita sendiri, bangsa Indonesia. Dari pemilihan Duta Bahasa Nasional ini juga kami berharap dapat menjadi sosok pemimpin yang baik dan bertanggung jawab bagi masyarakat.

Akun terkait : @DubasNasional


0 comments:

Post a Comment

About

My photo
Founder of L-Men Community Yogyakarta, Health Education Division LMenJogja, International active member of American Association of Petroleum Geologist, Junior Geologist, Semifinalist LOTY 2014, Duta Bahasa Nasional 2013, Amateur Graphic Designer, Poet, Violinist and Pianist, Professional Male Model
 

Translate