Welcome to My Blog

Mari kita berbagi bercerita, bermimpi tanpa batas dan berusaha mewujudkannya, menjadikannya nyata dan benar-benar nyata

------------

------------

------------

------------

Berhenti Merokok

Wednesday, April 9, 2014

Jauh-jauh Dari Rokok

            Bahas bahaya rokok pasti semua juga sudah tahu, bahkan bisa jadi sudah bosan seolah-olah sudah menjadi retorika. Tapi buat temen-temen yang mau berhenti buat merokok, ada yang bener-bener sudah melakukannya? “Sulit” itu yang menjadi jawaban hampir semua perokok dan juga sudah menjadi retorika sosial.


            Beberapa hari lalu saat berdikusi dengan Ibu dari handphone tentang memberikan sugesti positif pada diri sendiri, Ibu saya memberikan contoh tentang bagaimana Bapak saya dulu berhenti merokok kurang lebih 33 tahun yang lalu. Ibu bilang kalau memang mau berhenti merokok “Ya sudah, mulai untuk berhenti, bukan berniat bermula untuk mengurangi tapi memang berniat langsung STOP”. Hmm...saran yang menarik dan memang terbukti Bapak saya berhenti merokok sampai sekarang bahkan kemudian anti dengan yang namanya rokok.
            Tidak perlu merasakan sakit dulu baru peduli dengan hidup sehat. Kalau kita mau mengkritisi apa yang disampaikan Ibu saya adalah jangan buat diri kita nyaman ketika kita berbuat hal yang salah, dengan menanamkan pikiran “sulit” atau hanya “mencoba untuk mengurangi”. Pemikiran semacam itu mengakibatkan diri kita merasa nyaman dan tidak memaksa diri kita untuk berubah. Namun ketika kita benar-benar memaksa pikiran kita untuk mengatakan “Ya, saya harus berubah saat ini juga, ya, saya harus berhenti merokok saat ini juga!” secara bawah sadar kita menekan pikiran kita untuk mau mengikuti apa yang kita sebenarnya ragu untuk dilakukan.
            Omong kosong bila seseorang bilang “mau mencoba untuk mengurangi merokok”, bila ingin berhenti merokok memang benar-benar harus langsung berhenti. Tekan depresi atau gejolak yang akan muncul pada awalnya, ketika sudah melewati insyaAllah pasti akan benar-benar lepas dari jerat candu dari rokok.
            Kenapa sih seseorang itu mulai merokok? Awalnya “coba-coba” atas dasar penasaran, buat para perokok pasti setuju dengan statement ini. Ada juga karena pengaruh pergaulan, “kalo gak ngerokok gak asik, dianggap banci, dianggap sok hidup sehat, dianggap gak mau bersosial”. Ada yang pernah mengalaminya? Tapi apapun alasannya apabila kemudian ketagihan itu memang efek samping dari zat adiktif yang dikandung oleh rokok itu sendiri. Jangan biarkan pikiran kita dibodohi dengan pemikian primitif tentang luar biasanya rokok.
Mau kaya? Berhenti merokok sekarang dan mulai menabung. – Mario Teguh

Sumber Gambar : http://www.123inspiration.com

0 comments:

Post a Comment

About

My photo
Founder of L-Men Community Yogyakarta, Health Education Division LMenJogja, International active member of American Association of Petroleum Geologist, Junior Geologist, Semifinalist LOTY 2014, Duta Bahasa Nasional 2013, Amateur Graphic Designer, Poet, Violinist and Pianist, Professional Male Model
 

Translate